Bab I
Pengantar
A.
Latar Belakang
Penerapan marketing online sudah begitu
menjamur di mana-mana. Keterbataasan jarak tak lagi menjadi penghalang
pemasaran dewasa ini. Berbagai usaha apa pun kini sudah merambah kepada
pemasaran secara online. Baik pemasaran online ini diterapkan langsung untuk
jual beli atau pun sebatas memaksimalkan pelayanan atau customers service. Bagaimana
pemasaran itu berikut uraian singkat tentangpemasaran dan pemasaran online.
Pemasaran adalah sebuah ilmu yang sangat
dinamis. Pemasaran selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke
waktu. Setiap era atau zaman memiliki teknik dan tren pemasaran yang berbeda –
beda. Karena pemasaran sangat erat kaitannya dengan perkembangan tren kehidupan
dimasyarakat. Hal ini menjadikan pemasaran sebagai ilmu yang memiliki
karakteristik berbeda jika dibandingkan dengan berbagai ilmu ekonomi lainnya.
Perkembangan tren kehidupan telah masuk ke era
informasi. Sebuah era dimana arus informasi mengalir begitu derasnya. Setiap
masyarakat dapat mengakses informasi yang berkembang dengan cepat tanpa
mengenal batas ruang dan waktu. Jarak yang jauh tidak lagi menjadi sebuah
hambatan dalam mengakses informasi. Fenomena ini menjadikan pertumbuhan serta
perkembangan masyarakat begitu cepat.
Memasuki era informasi, pemasaran pun turut
bertransformasi untuk menyesuaikan dengan tren yang tengah berkembang.
Pemasaran tradisional kini mulai beralih menjadi pemasaran modern. Jika dalam
pemasaran tradisional lebih bertumpu kepada pemasaran secara offline
maka dalam pemasaran modern lebih bertumpu pada pemasaran secara online.
Perubahan ini didasari oleh perkembangan masyarakat di era informasi yang
tidak dapat terlepas dari dunia internet.
Melihat perkembangan ini, maka penerapan teknik
marketing online dalam usaha Kopi Lampung Aneka Rasa Buah diharapkan dapat
meningkatkan penjualan. Marketing online dalam usaha kuliner dapat berfungsi
untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Interaksi yang
terjalin dua arah dan real time dapat menciptakan hubungan yang intens
dengan pelanggan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan angka penjualan.
B.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain :
v Untuk
melengkapi tugas akhir mata kuliah internet marketing
v Untuk
mengetahui perbedaan antara marketing tradisional dan marketing modern
v Untuk
mengetahui jenis – jenis mareketing online
v Untuk
mengetahui penerapan teknik marketing online pada usaha LESA Farm (pembesaran lele)
C.
Deskripsi Usaha
1.
Profil usaha
Nama
usaha
: LESA Farm (pembesaran lele)
Alamat
kantor
: Jalan Zaitun Raya komplek Islamic Village, Karawaci. Tangerang
(gedung wardah dompet dhuafa)
Telepon
: 089630832620
Email
: ramadhanbarkah418@gmail.com
Bidang usaha
: Agrobisnis
2.
Identifikasi
Peluang Bisnis
Lele adalah salah satu ikan air tawar yang mempunyai
kumis dan mempunyai banyak protein. Lele banyak sekali dicari oleh konsumen
baik dalam rumah tangga maupun rumah makan dan restoran. Pertama kami hanya
memiliki satu kolam terpal, alhamdulillah akhirnya kami sekarang mempunyai
delapan kolam terpal yang masing – masing kolam berisikan 5000 ekor lele.
3. Produk
LESA Farm hanya
memiliki lele jenis sangkuriang. Karena lele sangkuriang memiliki banyak
keunggulan. Salah satu keunggulan lele sangkuriang adalah tahan terhadap
penyakit.
4.
Latar
belakang bisnis
Untuk mempermudah konsumen mendapatkan lele konsumsi
baik di daerah sekitar lokasi kolam maupun di luar daerah lokasi kolam
tersebut.
5.
Tujuan
Visi : Menjadi Pemimpin
Pasar Lele di Indonesia dan Dunia
Misi :
1.
Memberikan
pelayanan yang unik dan menarik kepada para konsumen
2.
Memaksimalkan
SEO dalam pemasaran
3.
Menyumbangkan
10% dari profit per bulan untuk program-program menekan angka kemiskinan
4.
Menyebarkan
‘virus’ entrepreneurship kepada masyarakat luas khususnya dikalangan
anak – anak muda
6.
Sasaran dan
Target Pasar
Target pasar dari LESA
Farm ini adalah rumah tangga, pecel lele, hingga rumah makan dan restoran –
restoran besar
7.
Strategi
Pemasaran
LESA Farm menerapkan
strategi offline dan online dalam menjalankan bisnis ini.
Perencanaan strategi yang matang dapat menjamin kelangsungan bisnis kami.
Strategi pemasaran LESA Farm terbagi
kedalam berbagai tahapan, antara lain :
Offline kami menjual langsung dari kolam. Biasanya
yang banyak membeli adalah orang – orang di lingkungan sekitar lokasi kolam
kami
Online untuk saat ini saya fokus melakukan
penawaran dan pemasaran melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan
Twitter. Dan di website www.agromaret.com
Bab II
Penerapan Teknik Marketing Online
pada Usaha
LESA Farm
A. Perbandingan Teknik Marketing
Tradisional Dengan Teknik Marketing Online
Pasar tradisional adalah jenis pasar yang sering kita
temukan dalam kehidupan sehari - hari. Interaksi dalam pasar tradisional terjadi
secara langsung. Artinya pembeli dan penjual bertemu langsung dalam satu ruang
tempat dan waktu untuk melakukan tawar menawar barang. Sehingga pasar
tradisional memiliki keunggulan alamiah dalam hal persaingan. Barang-barang
yang diperjual belikan biasanya barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Selain kebutuhan pokok, pasar tradisional juga menjual berbagai kebutuhan
sehari-hari lainnya. Seperti, bahan-bahan makanan, sayur mayur, daging, ikan,
pakaian, peralatan eloktronik dan berbagai barang lainnya.
Dalam pasar tradisional para pemasar cenderung
menggunakan pemasaran secara tradisional. Ini disesuaikan dengan kehidupan
masyarakat tradisional. Dengan menerapkan teknik pemasaran yang sesuai dengan
tren yang berkembang dimasyarakat maka diharapkan dapat mencapai target
penjualan yang ditetapkan.
Pemasaran tradisional tidak dapat digunakan secara
efektif jika tidak disesuaikan dengan perkembangan kehidupan masyarakat.
Masyarakat kini telah tumbuh dan berkembang memasuki era informasi. Era dimana
masyarakat tidak dapat terlepas dari dunia internet. Oleh karena itu lahirlah
teknik marketing modern yang sangat mengandalkan jaringan internet.
Marketing online dapat didefinisikan sebagai pemasaran yang interaksi antara penjual dan
pembeli terjadi di dunia maya tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Pada
dasarnya marketing online sama dengan marketing tradisional. Hanya dalam
marketing online semua kegiatan dilakukan
secara online. Contoh marketing online
seperti penjualan online shop.
Istilah-istilah dalam marketing online :
Ø Electronic checks : pada saat ini sedang di ujicoba oleh CyberCash http://www.cybercash.com/, sistem check elektronik seperti PayNow akan mengambil uang dari account
check di bank pelanggan untuk membayar PAM atau telepon.
Ø Electronic wallet : Pola pembayaran seperti CyberCash
Internet Wallet http://www.cybercash.com/, akan menyimpan nomor kartu kredit anda di harddisk anda dalam
bentuk terenkripsi yang aman. Anda akan dapat melakukan pembelian-pembelian pada
situs Web yang mendukung electronic wallet tersebut. Jika anda ingin
membeli sesuatu pada toko yang mendukung electronic wallet, maka pada
saat menekan tombol Pay maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan
dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic wallet.
Ø Digital money : adalah terminologi global untuk
berbagai e-cash dan mekanisme pembayaran elektronik di Internet.
Ø Digital atau electronic cash : juga dikenal
sebagai e-cash, istilah ini ditujukan untuk beberapa pola / metoda yang
memungkinkan seseorang untuk membeli barang atau jasa dengan cara mengirimkan
nomor dari satu komputer ke komputer yang lain.
Ø Extranet : adalah sebuah kelanjutan dari intranet perusahaan yang mengkaitkan
jaringan internal satu perusahaan dengan jaringan internal supplier
mereka maupun pelanggan mereka. Dengan cara itu sangat mungkin untuk
mengembangkan aplikasi marketing online yang memungkinkan menyambungkan semua aspek bisnis, dari proses pemesanan
hingga pembayaran.
Ø Disintermediation : adalah proses
untuk memotong jalur perantara. Kira-kira pada saat perusahaan yang berbasiskan
web membypass kanal retail tradisional dan menjual secara langsung ke
pelanggan / pembeli, maka perantara tradisional seperti toko dan jasa mail
order akan kehilangan pekerjaan.
Berikut
adalah perbadingan antara marketing tradisional dan marketing online :
ü Harga
Dipasar
tradisional kita dapat melakukan
proses tawar - menawar secara langsung atau face to face pada penjualnya sehingga
dapat lebih mudah, sedangkan pada marketing online kita tidak
dapat leluasa menawar harga karena interaksi terjadi melalui
internet dan kita harus membayar ongkos kirim yang akan dibebankan pada pembeli. Besarnya ongkos kirim tersebut
tergantung lokasi tempat tinggal pembeli.
ü Tempat
Marketing
online lebih memudahkan kita untuk membeli barang karna dapat kita lakukan dimana
saja asalkan kita mempunyai alat seperti gadget, laptop
ataupun handphone yang terkoneksi internet. Sedangkan pada
pasar tradisional transaksi
terjadi secara langsung pada suatu tempat dan waktu tertentu.
ü Barang
Pada marketing
online kita tidak dapat secara langsung merasakan atau memegang
barang yang
dijual. Pembeli
hanya dapat melihat gambar atau foto yang ditampilkan oleh penjual. Sedangkan dalam pasar tradisional
kita dapat secara langsung meilihat meraba atau memegang nya serta dapat kita coba.
ü Pembayaran
Pada pasar
tradisional transaksi pembayaran biasanya dilakukan secara tunai dengan pemberian uang
fisik secara langsung. Meskipun terkadang dilakukan pembayaran secara kredit
tetapi proses transaksi tersebut terjadi secara langsung. Sedangkan pada marketing online transaksi pembayaran dilakukan melalui
trasnfer.
Marketing tradisional dan marketing
online masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.
Dalam penerapannya harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.
Meskipun telah masuk kedalam era informasi, tetapi marketing tradisional juga
masih dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Namun, marketing online
sangat tepat untuk diterapkan diera informasi. Dengan menerapkan kedua teknik
pemasaran tersebut maka dapat membantu untuk meningkatkan penjualan.
B. Jenis – Jenis Marketing Online
1.
E-mail
marketing
Pemasaran melalui email adalah salah
satu teknik dalam online marketing. Teknik ini banyak digunakan oleh pemasar
untuk menawarkan produknya. Cara kerja email marketing adalah dengan
mengirimkan email kepada seseorang atau beberapa orang secara masal yang
berisi uraian produk yang pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'.
Bagaimana mendapat alamat email untuk dikirimi salesletter? Cara mendapatkan
alamat email yang benar ini adalah melalui form subsciber dan biasanya
terhubung langsung dengan layanan 'autoresponder' (tidak gratis) yang akan
menyimpan dan mengatur alamat email untuk dikirim email secara sah dan benar
sehingga tidak dianggap spam.
2.
Search
Engine Marketing (SEM)
SEM adalah jenis pemasaran yang
dilakukan dengan menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai medianya.
Teknik pemasaran ini adalah tentang bagaimana mendapatkan posisi 10 besar
dihalaman mesin pencari atau setidaknya ada di halaman kedua serps dengan kata
kunci niche kita. Berada dihalaman pertama hasil pencarian mempunyai potensi
lebih besar untuk mendapatkan penjualan dbandingkan berada dihalaman kedua atau
halaman terakhir.
Search engine marketing mempunyai
peran dasar untuk meningkatkan traffic ke website atau toko online. Dengan
lebih banyak pengunjung maka kemungkinan terjadi transaksi semakin besar.
Inilah sumber traffic dan pengunjung yang terbaik dalam bisnis online dan
internet marketing. Menguasai SEO atau setidaknya mengerti SEO adalah kebutuhan
utama ketika ingin menggunakan teknik marketing search engine.
3.
PPC atau Pay
Per Click Marketing
PPC marketing adalah upaya pemasaran
produk melalui iklan dengan membayar yang dihitung dari tiap klik pada
publisher. Ketika membicarakan traffic, maka jenis pengunjung atau traffic dari
PPC disebut dengan istilah 'paid traffic' atau traffic yang bisa kita beli. Ada
dua macam traffic yakni, organic traffic dan paid traffic. Salah satu cara
termudah untuk menggunakan metode ini adalah bergabung ke situs situs PPC.
Setelah melakukan pendaftaran, ikuti petunjuk dalam situs tersebut.
C. Teknik – Teknik Marketing Online
Yang Digunakan
1.
Alasan
Penggunaan
Dalam mengembangkan usaha LESA Farm, kami akan menggunakan teknik marketing tradisional dan
teknik marketing modern. Teknik marketing online yang kami gunakan adalah
Search engine marketing dan pay per klik. Kedua teknik tersebut adalah teknik
marketing online yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan memanfaatkan
media sosial seperti facebook, twitter, dan www.agromaret.com. Memaksimalkan traffic kedalam akun
sosial media LESA Farm dapat
dilakukan dengan mengoptimalkan search engine marketing dan pay per klik
marketing.
2.
Manfaat /
Hasil Yang Diperoleh
Manfaat penggunaan teknik marketing online dalam usaha
LESA Farm sangat besar. Manfaat
tersebut antara lain, dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen atau calon
konsumen. Konsumen atau calon konsumen tidak dapat terlepas dari dunia internet.
Oleh karena itu, LESA Farm masuk
kedalam dunia internet untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen lebih
dekat dan lebih luas. Jika interaksi yang terjalin dengan konsumen atau calon
konsumen berlangsung secara terus – menerus maka dapat meningkatkan loyalitas
konsumen terhaap perusahaan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan angka
penjualan produk LESA Farm dan pada
akhirnya dapat membantu tercapainya target perusahaan.
3.
Target
Pencapaian Yang Diharapkan
Target utama yang diharapkan dari penerapan teknik
internet marketing adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas
pelanggan sangat penting dan mempunyai peranan penting dalam membangun sebuah
brand usaha. Begitu juga dalam membangun LESA
Farm, loyalits pelanggan mempunyai peranan yang sangat penting. Karena
sekarang adalah era informasi maka sudah selayaknya proses ini dibangun dengan
menggunakan teknik – teknik marketing online. Demi tercapinya target tersebut
maka berbagai rencana strategi yang telah ditetapkan harus dijalanakan dan
dioptimalkan.
Bab III
Kesimpulan Dan Saran
A. Kesimpulan
Pemasaran secara Online dapat meraup hasil yang sangat
besar karena ia dapat memangkas segala aspek biaya mulai dari biaya sewa
tempat, dan lainnya. Potensi yang diberikan pemasaran secara online sangat bisa
menjadi solusi bagi para usahawan yang ingin menjalankan uasa walau dengan
modal yang sangat minim. Salah satunya ialah LESA Farm, menjadi brand yang kuat untuk pasar Lele. Di mana ketika
seseorang ingat akan Lele, ia akan mengingat LESA Farm.
B. Saran
Pemasaran sangat erat kaitannya dengan tren yang
tengah berkembang dimasyarakat. Setiap era memiliki keunikan tersendiri dan
terkadang teknik pemasaran yang digunakan disuatu era tertentu tidak lagi cocok
digunakan pada era yang lain. Pada era informasi seperti saat ini, teknik
marketing yang berkembang adalah teknik marketing online. Karena setiap orang
tidak dapat terlepas dari dunia internet dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam
mengembangkan sebuah usaha atau bisnis sangat disarankan untuk menggunakan
teknik marketing online. Dengan marketing online maka dapat membantu perusahaan
untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen lebih dekat dan lebih banyak.
Sehingga sangat bermanfaat untuk membantu tercapainya target perusahaan yang
telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar