Minggu, 15 Desember 2013

Tugas Internet Marketing





Bab I
Pengantar


A.   Latar  Belakang

Penerapan marketing online sudah begitu menjamur di mana-mana. Keterbataasan jarak tak lagi menjadi penghalang pemasaran dewasa ini. Berbagai usaha apa pun kini sudah merambah kepada pemasaran secara online. Baik pemasaran online ini diterapkan langsung untuk jual beli atau pun sebatas memaksimalkan pelayanan atau customers service. Bagaimana pemasaran itu berikut uraian singkat tentangpemasaran dan pemasaran online.  

Pemasaran adalah sebuah  ilmu yang sangat dinamis. Pemasaran selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Setiap era atau zaman memiliki teknik dan tren pemasaran yang berbeda – beda. Karena pemasaran sangat erat kaitannya dengan perkembangan tren kehidupan dimasyarakat. Hal ini menjadikan pemasaran sebagai ilmu yang memiliki karakteristik berbeda jika dibandingkan dengan berbagai ilmu ekonomi lainnya.

Perkembangan tren kehidupan telah masuk ke era informasi. Sebuah era dimana arus informasi mengalir begitu derasnya. Setiap masyarakat dapat mengakses informasi yang  berkembang dengan cepat tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Jarak yang jauh tidak lagi menjadi sebuah hambatan dalam mengakses informasi. Fenomena ini menjadikan pertumbuhan serta perkembangan masyarakat begitu cepat.

Memasuki era informasi, pemasaran pun turut bertransformasi untuk menyesuaikan dengan tren yang tengah berkembang. Pemasaran tradisional kini mulai beralih menjadi pemasaran modern. Jika dalam pemasaran tradisional lebih bertumpu kepada pemasaran secara offline maka dalam pemasaran modern lebih bertumpu pada pemasaran secara online. Perubahan ini didasari oleh perkembangan masyarakat di era informasi yang tidak dapat terlepas dari dunia internet.
Melihat perkembangan ini, maka penerapan teknik marketing online dalam usaha Kopi Lampung Aneka Rasa Buah diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Marketing online dalam usaha kuliner dapat berfungsi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Interaksi yang terjalin dua arah dan real time dapat menciptakan hubungan yang intens dengan pelanggan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan angka penjualan.

B.   Tujuan Penulisan


Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain :

v  Untuk melengkapi tugas akhir mata kuliah internet marketing
v  Untuk mengetahui perbedaan antara marketing tradisional dan marketing modern
v  Untuk mengetahui jenis – jenis mareketing online
v  Untuk mengetahui penerapan teknik marketing online pada usaha LESA Farm (pembesaran lele)

C.   Deskripsi Usaha

1.      Profil usaha

Nama usaha                 : LESA Farm (pembesaran lele)
Alamat kantor             : Jalan Zaitun Raya komplek Islamic Village, Karawaci. Tangerang
                                       (gedung wardah dompet dhuafa)
Telepon                       : 089630832620
Email                           : ramadhanbarkah418@gmail.com
Bidang usaha              : Agrobisnis


2.      Identifikasi Peluang Bisnis

Lele adalah salah satu ikan air tawar yang mempunyai kumis dan mempunyai banyak protein. Lele banyak sekali dicari oleh konsumen baik dalam rumah tangga maupun rumah makan dan restoran. Pertama kami hanya memiliki satu kolam terpal, alhamdulillah akhirnya kami sekarang mempunyai delapan kolam terpal yang masing – masing kolam berisikan 5000 ekor lele.

3.      Produk

LESA Farm hanya memiliki lele jenis sangkuriang. Karena lele sangkuriang memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan lele sangkuriang adalah tahan terhadap penyakit.

4.      Latar belakang bisnis

Untuk mempermudah konsumen mendapatkan lele konsumsi baik di daerah sekitar lokasi kolam maupun di luar daerah lokasi kolam tersebut.

5.      Tujuan

Visi      : Menjadi Pemimpin Pasar Lele di Indonesia dan Dunia
Misi     :
1.      Memberikan pelayanan yang unik dan menarik kepada para konsumen
2.      Memaksimalkan SEO dalam pemasaran
3.      Menyumbangkan 10% dari profit per bulan untuk program-program menekan angka kemiskinan
4.      Menyebarkan ‘virus’ entrepreneurship kepada masyarakat luas khususnya dikalangan anak – anak muda


6.      Sasaran dan Target Pasar
Target pasar dari LESA Farm ini adalah rumah tangga, pecel lele, hingga rumah makan dan restoran – restoran besar



7.      Strategi Pemasaran

LESA Farm menerapkan strategi offline dan online dalam menjalankan bisnis ini. Perencanaan strategi yang matang dapat menjamin kelangsungan bisnis kami. Strategi pemasaran LESA Farm terbagi kedalam berbagai tahapan, antara lain :
Offline kami menjual langsung dari kolam. Biasanya yang banyak membeli adalah orang – orang di lingkungan sekitar lokasi kolam kami
Online untuk saat ini saya fokus melakukan penawaran dan pemasaran melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Dan di website www.agromaret.com





Bab II
Penerapan Teknik Marketing Online pada Usaha
LESA Farm

A.   Perbandingan Teknik Marketing Tradisional Dengan Teknik Marketing Online

Pasar tradisional adalah jenis pasar yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari - hari. Interaksi dalam pasar tradisional terjadi secara langsung. Artinya pembeli dan penjual bertemu langsung dalam satu ruang tempat dan waktu untuk melakukan tawar menawar barang. Sehingga pasar tradisional memiliki keunggulan alamiah dalam hal persaingan. Barang-barang yang diperjual belikan biasanya barang yang berupa barang kebutuhan pokok. Selain kebutuhan pokok, pasar tradisional juga menjual berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. Seperti, bahan-bahan makanan, sayur mayur, daging, ikan, pakaian, peralatan eloktronik dan berbagai barang lainnya.

Dalam pasar tradisional para pemasar cenderung menggunakan pemasaran secara tradisional. Ini disesuaikan dengan kehidupan masyarakat tradisional. Dengan menerapkan teknik pemasaran yang sesuai dengan tren yang berkembang dimasyarakat maka diharapkan dapat mencapai target penjualan yang ditetapkan.
Pemasaran tradisional tidak dapat digunakan secara efektif jika tidak disesuaikan dengan perkembangan kehidupan masyarakat. Masyarakat kini telah tumbuh dan berkembang memasuki era informasi. Era dimana masyarakat tidak dapat terlepas dari dunia internet. Oleh karena itu lahirlah teknik marketing modern yang sangat mengandalkan jaringan internet.

Marketing online dapat didefinisikan sebagai pemasaran yang interaksi antara penjual dan pembeli terjadi di dunia maya tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Pada dasarnya marketing online sama dengan marketing tradisional. Hanya dalam marketing online semua kegiatan dilakukan secara online. Contoh marketing online seperti penjualan online shop.


Istilah-istilah dalam marketing online :

Ø  Electronic checks : pada saat ini sedang di ujicoba oleh CyberCash http://www.cybercash.com/, sistem check elektronik seperti PayNow akan mengambil uang dari account check di bank pelanggan untuk membayar PAM atau telepon.
Ø  Electronic wallet : Pola pembayaran seperti CyberCash Internet Wallet http://www.cybercash.com/, akan menyimpan nomor kartu kredit anda di harddisk anda dalam bentuk terenkripsi yang aman. Anda akan dapat melakukan pembelian-pembelian pada situs Web yang mendukung electronic wallet tersebut. Jika anda ingin membeli sesuatu pada toko yang mendukung electronic wallet, maka pada saat menekan tombol Pay maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic wallet.
Ø  Digital money : adalah terminologi global untuk berbagai e-cash dan mekanisme pembayaran elektronik di Internet. 
Ø  Digital atau electronic cash : juga dikenal sebagai e-cash, istilah ini ditujukan untuk beberapa pola / metoda yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang atau jasa dengan cara mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer yang lain.
Ø  Extranet : adalah sebuah kelanjutan dari intranet perusahaan yang mengkaitkan jaringan internal satu perusahaan dengan jaringan internal supplier mereka maupun pelanggan mereka. Dengan cara itu sangat mungkin untuk mengembangkan aplikasi marketing online yang memungkinkan menyambungkan semua aspek bisnis, dari proses pemesanan hingga pembayaran.
Ø  Disintermediation : adalah proses untuk memotong jalur perantara. Kira-kira pada saat perusahaan yang berbasiskan web membypass kanal retail tradisional dan menjual secara langsung ke pelanggan / pembeli, maka perantara tradisional seperti toko dan jasa mail order akan kehilangan pekerjaan.

Berikut adalah  perbadingan antara marketing tradisional dan marketing online :

ü  Harga
Dipasar tradisional kita dapat melakukan proses tawar - menawar secara langsung atau face to face pada penjualnya sehingga dapat lebih mudah, sedangkan pada marketing online  kita tidak dapat leluasa menawar harga karena interaksi terjadi melalui internet dan kita harus membayar ongkos kirim yang akan dibebankan pada pembeli. Besarnya ongkos kirim tersebut tergantung lokasi tempat tinggal pembeli.

ü  Tempat
Marketing online lebih memudahkan kita untuk membeli barang karna dapat kita lakukan dimana saja asalkan kita mempunyai alat seperti gadget, laptop ataupun handphone yang terkoneksi internet. Sedangkan pada pasar tradisional transaksi terjadi secara langsung pada suatu tempat dan waktu tertentu.

ü  Barang
Pada marketing online  kita tidak dapat secara langsung merasakan atau memegang barang yang dijual. Pembeli hanya dapat melihat gambar atau foto yang ditampilkan oleh penjual. Sedangkan dalam pasar tradisional kita dapat secara langsung meilihat meraba atau memegang nya serta dapat kita coba.

ü  Pembayaran
Pada pasar tradisional transaksi pembayaran biasanya dilakukan secara tunai dengan pemberian uang fisik secara langsung. Meskipun terkadang dilakukan pembayaran secara kredit tetapi proses transaksi tersebut terjadi secara langsung. Sedangkan pada marketing online  transaksi pembayaran dilakukan melalui trasnfer.

Marketing tradisional dan marketing online masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dalam penerapannya harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Meskipun telah masuk kedalam era informasi, tetapi marketing tradisional juga masih dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Namun, marketing online sangat tepat untuk diterapkan diera informasi. Dengan menerapkan kedua teknik pemasaran tersebut maka dapat membantu untuk meningkatkan penjualan.



B.   Jenis – Jenis Marketing Online


1.      E-mail marketing
Pemasaran melalui email adalah salah satu teknik dalam online marketing. Teknik ini banyak digunakan oleh pemasar untuk menawarkan produknya. Cara kerja email marketing adalah dengan mengirimkan email kepada seseorang atau beberapa  orang secara masal yang berisi uraian produk yang pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Bagaimana mendapat alamat email untuk dikirimi salesletter? Cara mendapatkan alamat email yang benar ini adalah melalui form subsciber dan biasanya terhubung langsung dengan layanan 'autoresponder' (tidak gratis) yang akan menyimpan dan mengatur alamat email untuk dikirim email secara sah dan benar sehingga tidak dianggap spam.
2.      Search Engine Marketing (SEM)
SEM adalah jenis pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai medianya. Teknik pemasaran ini adalah tentang bagaimana mendapatkan posisi 10 besar dihalaman mesin pencari atau setidaknya ada di halaman kedua serps dengan kata kunci niche kita. Berada dihalaman pertama hasil pencarian mempunyai potensi lebih besar untuk mendapatkan penjualan dbandingkan berada dihalaman kedua atau halaman terakhir.
Search engine marketing mempunyai peran dasar untuk meningkatkan traffic ke website atau toko online. Dengan lebih banyak pengunjung maka kemungkinan terjadi transaksi semakin besar. Inilah sumber traffic dan pengunjung yang terbaik dalam bisnis online dan internet marketing. Menguasai SEO atau setidaknya mengerti SEO adalah kebutuhan utama ketika ingin menggunakan teknik marketing search engine.
3.      PPC atau Pay Per Click Marketing
PPC marketing adalah upaya pemasaran produk melalui iklan dengan membayar yang dihitung dari tiap klik pada publisher. Ketika membicarakan traffic, maka jenis pengunjung atau traffic dari PPC disebut dengan istilah 'paid traffic' atau traffic yang bisa kita beli. Ada dua macam traffic yakni, organic traffic dan paid traffic. Salah satu cara termudah untuk menggunakan metode ini adalah bergabung ke situs situs PPC. Setelah melakukan pendaftaran, ikuti petunjuk dalam situs tersebut.



C.   Teknik – Teknik Marketing Online Yang Digunakan

1.      Alasan Penggunaan
Dalam mengembangkan usaha LESA Farm, kami akan menggunakan teknik marketing tradisional dan teknik marketing modern. Teknik marketing online yang kami gunakan adalah Search engine marketing dan pay per klik. Kedua teknik tersebut adalah teknik marketing online yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan www.agromaret.com. Memaksimalkan traffic kedalam akun sosial media LESA Farm dapat dilakukan dengan mengoptimalkan search engine marketing dan pay per klik marketing.

2.      Manfaat / Hasil Yang Diperoleh
Manfaat penggunaan teknik marketing online dalam usaha LESA Farm sangat besar. Manfaat tersebut antara lain, dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen atau calon konsumen. Konsumen atau calon konsumen tidak dapat terlepas dari dunia internet. Oleh karena itu, LESA Farm masuk kedalam dunia internet untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen lebih dekat dan lebih luas. Jika interaksi yang terjalin dengan konsumen atau calon konsumen berlangsung secara terus – menerus maka dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhaap perusahaan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan angka penjualan produk LESA Farm dan pada akhirnya dapat membantu tercapainya target perusahaan.


3.      Target Pencapaian Yang Diharapkan
Target utama yang diharapkan dari penerapan teknik internet marketing adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan sangat penting dan mempunyai peranan penting dalam membangun sebuah brand usaha. Begitu juga dalam membangun LESA Farm, loyalits pelanggan mempunyai peranan yang sangat penting. Karena sekarang adalah era informasi maka sudah selayaknya proses ini dibangun dengan menggunakan teknik – teknik marketing online. Demi tercapinya target tersebut maka berbagai rencana strategi yang telah ditetapkan harus dijalanakan dan dioptimalkan.



Bab III
Kesimpulan Dan Saran

A.   Kesimpulan
Pemasaran secara Online dapat meraup hasil yang sangat besar karena ia dapat memangkas segala aspek biaya mulai dari biaya sewa tempat, dan lainnya. Potensi yang diberikan pemasaran secara online sangat bisa menjadi solusi bagi para usahawan yang ingin menjalankan uasa walau dengan modal yang sangat minim. Salah satunya ialah LESA Farm, menjadi brand yang kuat untuk pasar Lele. Di mana ketika seseorang ingat akan Lele, ia akan mengingat LESA Farm.

B.  Saran
Pemasaran sangat erat kaitannya dengan tren yang tengah berkembang dimasyarakat. Setiap era memiliki keunikan tersendiri dan terkadang teknik pemasaran yang digunakan disuatu era tertentu tidak lagi cocok digunakan pada era yang lain. Pada era informasi seperti saat ini, teknik marketing yang berkembang adalah teknik marketing online. Karena setiap orang tidak dapat terlepas dari dunia internet dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam mengembangkan sebuah usaha atau bisnis sangat disarankan untuk menggunakan teknik marketing online. Dengan marketing online maka dapat membantu perusahaan untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen lebih dekat dan lebih banyak. Sehingga sangat bermanfaat untuk membantu tercapainya target perusahaan yang telah ditetapkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar